Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Geogebra Pada Pembelajaran Matematika

Dewi Anggreini, Sukiyanto Sukiyanto, Denik Agustito, Annis Deshinta Ayuningtyas

Abstract


ABSTRACT

Learning mathematics is considered difficult material by students from elementary school to high school. Based on the results of observations made through interviews with Mathematics teachers, it was found that the problems experienced by students at SMAN 1 Sewon Bantul were found. The problems experienced by students are related to three dimensions and geometry transformation materials. In addition, there are still many students who cannot understand and visualize geometry material. How to make it easier to learn and understand abstract mathematics, especially geometry material, requires learning media, namely mathematics software. In learning mathematics, students need technology-based media that can represent their intuition in understanding a mathematical concept. The purpose of this service is to socialize GeoGebra Android as an open-source application to visualize geometry learning very accurately and more easily for high school students. The method used in this service activity is a training method through lectures, discussions, demonstrations, and assignments. With the use of applications in learning, it is expected to increase students' motivation and understanding in learning mathematics, especially geometry material. The results of the questionnaire from 24 respondents of class XII IPA 6 students obtained a percentage that as much as 72.7% agreed that learning using geogebra was very interesting and interactive in learning geometry material.

 

Keywords: GeoGebra, geometry, training, math learning.

 

ABSTRAK

Pembelajaran matematika dianggap materi yang sulit bagi para siswa. Didasari dari hasil observasi yang sudah dilakukan melalui wawancara bersama guru mata pelajaran Matematika ditemukan permasalahan yang dialami siswa di SMAN 1 Sewon Bantul. Permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu terkait dimensi tiga dan materi transformasi geometri. Selain itu, siswa belum dapat memahami dan menvisualisasikan materi geometri. Cara mempermudah belajar dan memahami matematika yang abstrak khususnya materi geometri diperlukan media pembelajaran yaitu software matematika. Dengan demikian pada pembelajaran matematika, diperlukan suatu media berbasis teknologi yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Sehingga tujuan dari pengabdian untuk mensosialisasikan GeoGebra Android sebagai aplikasi open source untuk memvisualisasikan pembelajaran geometri dengan sangat akurat dan lebih mudah bagi siswa SMA. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode pelatihan melalui ceramah, diskusi, demonstrasi, dan penugasan. Dengan penggunaan aplikasi dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Hasil angket dari 24 responden siswa kelas XII IPA 6 didapatkan prosentase bahwa sebanyak 72,7% menyatakan setuju bahwa pembelajaran menggunakan geogebra sangat menarik dan interaktif dalam pembelajaran materi geometri.

Kata Kunci: GeoGebra, geometri, pelatihan, pembelajaran matematika

 


Full Text:

PDF

References


Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu- Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Ansar, A., dan Asrirawan. 2020. Pelatihan GeoGebra Pada Materi Bangun Datar bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kec. Wonomulyo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).

Budiman, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis Geogebra Versi Android. 3(2).

Erawati, M.K. 2021. Pelatihan GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Puan Indonesia, 2(2).

Evidiasari, S., Subanji, & Irawan, S. (2019). Student s’ Sp atial Reasoning in Solving Geometrical Transformation Problems 38 Indonesian Journal on Learning and Advanced Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, (2018), 38–51. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8703

Handayani, Lilis. 2021. Pemanfaatan Software GeoGebra Melalui Aplikasi Android Pada Materi Persamaan Kuadrat. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2).

Listiana, Yeni., dkk. (2021). Pelatihan Penggunaan Software GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa SMP Negeri 1 Dewantara. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(2), 379–387.

Prakoso, W. D., Putra, M. Y. D., Mentari, A., & Rahman, B. (2015). Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan GeoGebra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 497–504.

Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356

Rismawati, Hayati, R., & Khatimah, H. (2020). Penerapan Aplikasi GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(2), 210–215.

Romdhani, R.W. 2021. Pengenalan Software GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika Geometri dan Aljabar di MTs N 5 Jember. Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(2). Doi: 10.30596/tjpt.v1i2.63 Farihah, Umi. 2015. Pengaruh Program Interaktif GeoGebra Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1).

Rosdiana, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), 4(1), 73-82. https://doi.org/10.24256/jpmIPA.v4i1.253.

Susanah, P.W., Rini setianingsih, S. F. (2018). Pelatihan Penggunaan Aplikasi GeoGebra. ABDI, 3(2), 46–51.

Sukiyanto, & Choirun Nisa. (2021). Pendampingan Pelatihan Aplikasi Media Pembelajaran Powtoon Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. Taawun, 1(01), 49-57. https://doi.org/10.37850/taawun.v1i01.182

Usman, M.R., dkk. (2022). Pelatihan Penggunaan GeoGebra Berbasis Online Lecturing untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SMP Pada Pembelajaran Matematika. Journal Pengabdian Masyarakat Pamong, 1(1). 25–29.

Zulhendri dan Joni. 2022. Penggunaan GeoGebra dalam Geometri Ruang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1).

Zulnaidi dan Zakaria. 2012.The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students. Vol. 8, No. 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats