Program “Pokjar Relina Berbasis Dunia Imajinasi” untuk Recovery Literasi dan Numerasi Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Perbatasan (Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro)

M. Zainudin, Doni Abdul Fatah, Zidni Alfian Barik, Muharram Brihan Harimurti, Agung Ridwan Asmaka

Abstract


ABSTRACT

One of the impacts of the COVID-19 pandemic is the occurrence of significant literacy and numeracy learning losses. This must be addressed immediately because literacy and numeracy are crucial abilities in the process of developing student’s capabilities. This community service aims to help restore children's literacy and numeracy during the COVID-19 pandemic in border villages (Pacing Village, Sukosewu District, Bojonegoro Regency). This community service is carried out in three stages, namely the initial, core, and final stages. The initial stage is carried out to explore the concrete problems faced by the students. The core stage is the application of fairy tale and pantomime-based learning with a cycle of planning, action, observation, and reflection. The final stage is carried out to report the implementation of the drawing to this community. The result of this activity is that the "Pokjar RELINA based on Imagination World" program can help restore the students’ literacy and numeracy during the COVID-19 pandemic in border villages (Pacing Village, Sukosewu District, Bojonegoro Regency). The study group activities were carried out in fairy tale and pantomime based learning. In addition, the restoration of literacy and literacy skills requires synergistic cooperation between the service team, village government officials, teachers, students, and parents.

Keywords: literacy, numeracy, pantomime, fairytale.

ABSTRAK

Salah satu dampak adanya pandemi covid-19, yakni terjadinya learning loss literasi dan numerasi yang signifikan. Hal tersebut harus segera diatasi karena literasi dan numerasi merupakan kemampuan yang krusial dalam proses pengembangan potensi siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemulihan literasi dan numerasi anak pada masa pandemi covid-19 di desa perbatasan (Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro). Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap awal, inti, dan akhir. Tahap awal dilakukan untuk menggali permasalahan konkrit yang dihadapi sasaran. Tahap inti dilakukan penerapan pembelajaran berbasis dongeng dan pantomime dengan siklus perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Tahap penutup dilakuakan untuk melaporkan pelaksanaan pengandian kepada masyarakat ini. Hasil dari kegiatan ini adalah program “pokjar RELINA berbasis dunia imajinasi” dapat membantu pemulihan literasi dan numerasi anak pada masa pandemi covid-19 di desa perbatasan (Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro). Kegiatan kelompok belajar tersebut dilakukan dalam pembelajaran berbasis dongeng dan pantomime. Selain itu, pemulihan kemampuan literasi baca tulis dan literasi membutuhkan kerja sama yang sinergis antara tim pengabdi, perangkat pemerintahan desa, guru, siswa, dan wali siswa.

Kata Kunci: literasi baca tulis, numerasi, pantomime, dongeng.


Keywords


literacy; numeracy; pantomime; fairytale

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253–270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.685

Ali, M. K., & Sukardi, S. (2021). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 161. https://doi.org/10.29210/3003991000

Amin, A., & Fathurohman, I. (2021). Developing “Pantomim Asyik Ala Kak Prop” Textbook As an Alternative Source of Learning Performing Arts for Children in elementary school. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 442–449.

Amin, M. (2016). Akses Dan Penggunaan Internet Pita Lebar Di Wilayah Perbatasan ( Indonesia – Papua Nugini Dan Indonesia – Timor Leste ) Internet Broadband Access and Use in Border Region ( Indonesia – Papua Nugini and Indonesia – Timor Leste ). Iptek-Kom, 18(1), 35–50.

Anggraini, O. A., & Rosnawati, E. (2021). Juridical Review on Restrictions of Internet Access by Governments in Human Rights Perspective (Case Study of Jakarta Administrative Court Decision Number: 230/G/TF/2019/PTUN-JKT). Indonesian Journal of Law and Economics Review, 10(1), 1–15.

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.

Azizah, N. (2021). Membangun Kemampuan Literasi Anak Melalui Dongeng dan Permainan Tradisional. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 212–216. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/147%0Ahttp://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/download/147/144

Azkiya, N. R., & Iswinarti. (2016). Pengaruh Mendengarkan Dongeng. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 123–139. ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3515/4051

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Cahyaning Tias, N. I., Indriyani, S., Rahmawati, D., Yasin, B., Rizal, F., Damayanti, A., & Suranto, S. (2022). Eksistensi Mahasiswa dalam Peningkatan Akademik Melalui Program Kampus Mengajar di SDN 04 Purwosari Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 208. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.208-218

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Fahrika, A. I., & Roy, J. (2020). Dampak pandemi covid 19 terhadap perkembangan makro ekonomi di indonesia dan respon kebijakan yang ditempuh. Inovasi, 16(2), 206–213.

Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 3(2), 483–490.

Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 131. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1339

Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.

Gunawan, I. G. D., Pranata, & Mitro. (2019). Cerita dongeng sebagai media pendidikan karakter anak usia dini. Tampung Penyang, 17(1), 73–87.

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf

Harti, M. B., Sumarsih, & Suprapti, A. (2017). Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 121–125.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 53–64.

Hidayatullah, I. F. L., & Yuningsih, Y. (2021). Upaya Pencegahan Terjadinya Learning Loss Pada Lembaga Pendidikan di Bawah Naungan Yayasan Mi’roojuttaq’waa. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(89), 37–52.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Al Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110.

Kodir, A., & Haris, B. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Sikap Sosial Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Jurnal Serambi Akademica, 9(7), 1200–1204. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/3373

Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, 277–289.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Maulan, M. I. (2022). Dampak pembelajaran online selama pandemi (covid 19/Corona). Jurnal Edumaspul, 6(1), 301–304. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/3073/923

Musoffa. (2019). Learning Loss Dan Penurunan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (SD) Di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten. Alim Jurnal of Islamic Education, 4(1), 63–80.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Ndeot, F., & Partus Jaya, P. R. (2021). Deschooling dan Learning Loss pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 18–28. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/6565/5227%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/6565/5228%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/6565

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066

Patimah, P. (2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Pada Jenjang Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.123

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pengelola web kemdikbud. (2021). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi. Biro Kerja Sama Dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/dorong-pemulihan-pembelajaran-di-masa-pandemi-kurikulum-nasional-siapkan-tiga-opsi

Prabowo, A. S., Conia, P. D. D., Afiati, E., Handoyo, A. W. R., Muhibah, S., Rochani, Sholih, Khairun, D. Y., Dalimunthe, R. Z., Wibowo, B. Y., & Nurmala, M. D. (2020). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 9–12.

Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416–424. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/viewFile/29421/18396

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika learning loss: guru dan orang tua. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.

Putri, R. E. R., Zufriady, Z., & Mulyani, E. A. (2022). Analisis Dampak Proses Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pgsd Fkip Universitas Riau. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 21. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.21-42

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852

Ruth, E. (2013). Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara Description of Internet Quality of Services ( Qos ) in Indonesia From the Providers. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11, 137–146.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Taufik, O. A., Basri, H. H., & Sumarni. (2021). Implementation of learning from home and readiness for face-to-face learning in madeasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(2), 112–126.

Wahab, R. A. (2016). Analisis Perkembangan Internet Broadband di Daerah Perbatasan Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 6(2), 201. https://doi.org/10.17933/jppi.2016.060206

Widodo, A., & Umar, U. (2022). Apakah Learning Loss Berpengaruh Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa? Js (Jurnal Sekolah), 6(2), 1. https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33371

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology), 5(1), 318–323.

Wigati, I., & Ali, M. (2021). Instrumen Pembelajaran Daring dengan Rasch Model. International Education Conference (IEC) 2021, 124–133.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zboun, J. S., & Farrah, M. (2021). Students’ Perspectives of Online Language Learning During Corona Pandemic: Benefits and Challenges. Indonesian EFL Journal, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.25134/ieflj.v7i1.3986




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats