Pemberdayaan Komunitas Guru dalam Mensosialisasikan Berpikir Secara Komputasi Kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah

Sulis Janu Hartati, Anik Vega Vitianingsih

Abstract


ABSTRACT

The target for this community service activity is the Teacher Community, consisting of elementary school teachers, junior high school teachers, and high school teachers. The activity is sponsored by NBO Bebras Indonesia, as a partner that bears all costs of community service. The main problems of the target community are low knowledge of informatics and computational thinking, low high-order thinking skills, low knowledge of the challenges of freedom as an arena for competition in informatics and computational thinking. The method used to solve partner problems is online empowerment through webinars, workshops, group discussions in WhatsApp groups, and mentoring. The purpose of this community service is to cultivate computational thinking through the Indonesian Bebras Challenge Olympiad, with elementary, junior high, and high school students as well as vocational students. The results show that the success rate of getting the target teacher is 235%, the success of mobilizing elementary to high school students at the equivalent to participate in the free training reaches 7.4%. The number of participants who successfully took part in the Bebras Challenge was 3,246 students. The highest score was achieved by the SiKecil group as many as 87 students.

 

Keywords: Online Empowerment,  The Teacher Community, Computational Thinking, Bebras Indonesia.

 

ABSTRAK

Masyarakat sasaran pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Komunitas Guru, terdiri dari Guru Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas dan sederajat. Kegiatan disponsori oleh NBO Bebras Indonesia, sebagai mitra yang menanggung seluruh biaya pengabdian kepada masyarakat. Masalah utama msyarakat sasaran adalah: rendahnya pengetahuan tentang informatika dan berpikir secara komputasi, rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, rendahnya pengetahuan tentang tantangan bebras sebagai ajang kompetisi informatika dan berpikir secara komputasi.  Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah mitra adalah pemberdayaan secara daring melalui webinar, workshop, diskusi kelompok dalam grup WhatsApp, serta pendampingan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah membudayakan berpikir komputasi melalu Olimpiade Tantangan Bebras Indonesia, dengan peserta siswa Sekolah Dasar, Menengah Pertama, serta Atas juga Kejuruan, dan sederajat. Hasil pemberdayaan menunjukan bahwa tingkat keberhasilan mendapatkan guru sasaran sebesar 235%, keberhasilan memobilisasi siswa SD sampai SMA sederajat mengikuti tangangan bebras mencapai 7.4%. Jumlah peserta yang berhasil mengikuti tantangan bebras sebanyak 3.246 siswa. Nilai tertinggi paling banyak dicapai oleh kelompok Sikecil sebanyak 87 siswa.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan Daring, Komunitas Guru, Berpikir Komputasi, Bebras Indonesia.  


Keywords


Online Empowerment, The Teacher Community, Computational Thinking, Bebras of Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anik Vega Vitianingsih, Sulis Janu Hartati, Achmad Choiron, Slamet Kacung, Ahmad Hatip, Lusiana Prastiwi, Rahmawati Erma Standsyah, W. S. (2020). Pelatihan Computation Thinking (CT) GURU SD-SMP-SMA (12,13,19,20 Desember 2020).

Astuti, Y. P., Subhiyakto, E. R., & Hafidhoh, N. (2020). Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 79. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.107

Azlam, R., & Asse, A. (2018). STRATEGI PEMASARAN ONLINE ( STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING WARUNK BAKSO MAS CINGKRANK DI MAKASSAR ) Online Marketing Strategy ( Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar ). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 2018.

Cut Devi Maulidasari, D. (2020). DAMPAK PEMASARAN ONLINE DI ERA COVID-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 233–245.

Erna Risfaula Kusumawati, S. A. (2022). Pelatihan computational thinking guru MI se-Kecamatan Pabelan , Kabupaten Semarang. Penamas: Journal of Community Service, 2(1), 18–28.

Hammad, R., Latif, K. A., Kartarina, K., Irfan, P., Syahrir, M., Anas, A. S., … Hidayatullah, M. (2021). Sosialisasi Computational Thingking Pada Guru MTs Yayasan NW Darul Abror Gunung Rajak Lombok Barat. Jurnal Pengabdi, 4(1), 75. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.44516

Hartati, S. J., Vitianingsih, A. V., Kurniati, N., Sulistyowati, S., & Muhajir, M. (2020). Identifying the Factor of Mathematical Reasoning That Affects the Ability to Programming Algorithm. International Education Studies, 13(5), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v13n5p44

Hatip, M., Hidayati, K. H., Fikri, N., & Raharjo, P. (2021). Pemberdayaan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Era Pandemi. ABDI Indonesia, 1(1), 9–14.

Malik, S., Prabawa, H. W., & Rusnayati, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34438.83526

Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal SOLMA, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3352

Simarmata, J., Purba, J. P., Djuanda, E. A., Learning, B., & Belajar, H. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi SNITI-.

Susilowati, D., Apriani, A., Agustin, K., & Dasriani, N. G. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru melalui Program Pelatihan dan Pendampingan Bekelanjutan dalam Pembelajaran Computational Thinking pada Mata Pelajaran Matematika. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 125–134. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1015

Upaya, D., & Penyebaran, P. (2020). Jurnal Peduli Masyarakat. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS DARING DI DESA BUKIAN, BALI DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19, 2(4), 187–196.

Wonohadidjojo, D. M., Citra, C. C., Tanamal, R., Soekamto, Y. S., & Maryati, I. (2021). Workshop Computational Thinking untuk Guru SD, SMP dan SMA oleh Biro Bebras Universitas Ciputra Surabaya. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 3(2), 9–18. https://doi.org/10.37715/leecom.v3i2.2268

Yulianta, D. T. (2015). SURVEY TINGKAT PENGETAHUAN INTERNET GURU PENJASORKES SEKOLAI DASAR DI KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats