Pelatihan Pembuatan Iklan berbantuan Aplikasi Canva di Desa Pringsari Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang sebagai Trik Market Online

Oktarina Puspita Wardani, Meilan Arsanti, Evi Chamalah, Aida Azizah, Leli Nisfi Setiana, Turahmat Turahmat

Abstract


ABSTRACT

Marketing on social media is one way to promote an item. Promotion also needs the right content. The content provided by social media in the promotion process is able to attract buyers. For this reason, it is necessary to pay attention to the use of content in promoting a product on social media. Because the right content in a business can increase the income of business actors. This method of community service is in the form of training in making persuasive advertising media for online products with the help of the Canva application. Participants went through all stages of the training well, even though the training was carried out according to the conditions of the participants. Some participants also brought their children because they could not be left at home, but participants were still active in the training activities. This service activity is carried out in several steps, namely (1) situation analysis and socialization, (2) implementation, (3) mentoring and practice and (4) follow-up service. The result of community service activities is the design of advertisements for partner online sales. The ad design is tailored to the sales of each participant. The implementation team accompanies and guides how to create attractive ad designs

 

Keywords: advertising, canva apps, pringapus village

 

ABSTRAK

Pemasaran di media sosial merupakan salah satu cara untuk mempromosikan sebuah barang. Promosi juga butuh konten yang tepat. Konten yang diberikan oleh media sosial pada proses promosi mampu menjadi daya tarik pembeli. Untuk itu, perlu diperhatikan penggunaan konten dalam mempromosikan sebuah produk di media sosial. Karena konten yang tepat dalam sebuah bisnis mampu meningkatkan pendapatan para pelaku usaha. Metode dalam pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pembuatan media iklan persuasif produk online berbantu aplikasi canva. Peserta melalui semua tahap pelatihan dengan baik, waloupun pelatihan dilaksanakan menyesuaikan kondisi peserta. Beberapa peserta juga membawa anak karena tidak bisa ditinggal di rumah, tetapi peserta masih aktif dalam jalannya kegiatan pelatihan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu (1) analisis situasi dan sosialisasi, (2) penerapan, (3) pendampingan dan praktik dan (4) tindak lanjut pengabdian. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ialah desain iklan untuk penjualan online mitra. Desain iklan disesuaikan dengan penjualan masing-masing peserta. Tim pelaksana mendampingi dan memandu cara pembuatan desain iklan yang menarik

 

Kata Kunci: iklan, aplikasi canva, desa pringapus


Full Text:

PDF

References


Anwar, Syamsul, M. Arif Budiman Sucipto dan R. Samidi. (2022). Pelatihan Menulis Poster Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva Di Era New Normal Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Se-Kota Tegal. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 1, No.05 https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/download/321/165.

Huda, Amril. Wahdini Anna Filla dan Adam Mudinillah. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. Vol. 15, No. 1, https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/1758.

Kartiwi, Yesi Maylani dan Yeni Rostikawati. (2022). Pemanfaatan Media Canva dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP. Semantik. Volume 11, No. 1, http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/2936.

Nayoan, Aldwin. (2019). Cara Menggunakan Canva: Tutorial Membuat Design Gratis. https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/

Novianto. (2021). Strategi Pemasaran Online dan Teknik Paling Ampuh untuk Bisnismu. https://koinworks.com/blog/macam-macam-strategi-pemasaran-online/

Nurhalisa, Siti dan Sukmawati. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Pendekatan Saintifik. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis. Volume 3, No 1. https://www.pusdikrapublishing.com/index.php/jesa/article/download/386/329.

Timotius. (2020). Perbedaan Penjualan Online Dan Offline. https://toffeedev.com/blog/perbedaan-penjualan-online-dan-offline

Ulansari, Ramadhani, et.al (2022). Pembuatan Iklan dengan Canva pada Pelatihan Di RPTRA Payung Tunas Teratai Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat INTIMAS. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/intimas/article/view/8986.

Wijayanti, Linda, et.al. (2022). Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva bagi UMKM Binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. Vol. 5, No. 1. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/18245.

Yunus, Sitti Rahma, et.al. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK bagi Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2 No. 1. https://ojs.unm.ac.id/smart/article/view/32928.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats