Pengaruh Jam Tidur Malam terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Konsentrasi Belajar Kelas XI SMA Negeri 3 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.30734/jr.v4i2.5234Keywords:
Jam Tidur, Membaca Pemahaman, Konsentrasi BelajarAbstract
abstrak— Jam tidur malam merupakan periode istirahat yang dilakukan seseorang pada waktu malam hari sebagai bagian dari kebutuhan fisiologis tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jam tidur siswa kelas XI terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan mempertimbangkan aspek konsentrasi belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, instrumen berupa angket skala Likert yang digunakan untuk mengukur kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan tidur malam yang baik berkaitan positif namun sangat lemah dengan kemampuan membaca pemahaman siswa, karena memberikan beberapa keuntungan seperti: 1) Membantu menjaga tingkat konsentrasi saat memahami bacaan, 2) Meningkatkan daya ingat sehingga informasi lebih mudah diproses, dan 3) Mengurangi kelelahan kognitif yang dapat menghambat pemahaman teks. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat tiga keuntungan pola tidur malam yang baik bagi proses membaca pemahaman, meskipun pengaruhnya secara statistik tergolong lemah.
Kata kunci— Jam Tidur, Membaca Pemahaman, Konsentrasi Belajar
Abstract— A clause is a grammatical unit consisting of two or more words.The purpose of this studyis to determine the results of the analysis of clause usage in flood news reportson cnnindonesia.com. This study uses a qualitative descriptive research method. The data collection techniquesused in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this studyshow that there are clauses, namely 1) verb clauses, 2) noun clauses,3) adjective clauses, 4) numeral clauses, 5) prepositional clauses, 6) dependent clauses,and 7) independent clauses. The conclusion of this study is that there are 7 clausesin flood news reports on cnnindonesia.com.
Keywords— Sleeping Hours, Reading Comprehension, Concentration Learning
References
Andini, M. D., Chandra, C., & Syam, S. S. (2025). Strategi Berpikir Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Da-sar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 161-173. https://doi.org/10.61132/semantik.v3i2.1632.
Ashadi, K., Fajar, M. K., Sidik, R. M., Utami, T. S., Jatmikanto, R. S., Mubarokah, D. H., & Permatasari, D. J. (2025). Kesehatan, Gaya Hidup dan Pola Latihan. Po-norogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Cahyo, M. B. N., Fauziyah, I. Z., & Aulia, A. S. D. (2025). Efektivitas Metode Pem-belajaran Reading Guide Dalam Peningkatan Daya Ingat Anak Slow Learner. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 34-50. https://doi.org/10.30739/peneroka.v5i1.3616.
Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mem-baca Pemahaman dengan menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrat-ed Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 19-37. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1000.
Hasibuan, N. F., & Handayani, A. P. (2025). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kesulitan Dalam Menghafal. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(4), 6470-6477. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/2967.
Husnah, F., Yunia, K. I., Chandra, C., & Suriani, A. (2024). Tantangan dan manfaat membaca intensif dalam era digital di sekolah dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3), 325-338. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.761.
Istibsaroh, F. (2021). Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Tidur Dengan Penurunan Daya Ingat Pada Lansia. Indonesian Health Science Journal, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.52298/ihsj.v1i1.7.
Kasingku, J. D., & Lotulung, M. S. D. (2024). Memahami Hubungan Kualitas Tidur terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran In-donesia (JPPI), 4(3), 1038-1050. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.703.
Khairunnisa, M. N., Pravitasari, O., Nadhifa, D. E., Ar, S., & Oktasari, R. (2025). Analisis Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Aspek Pemahaman, Evaluasi Dan Kecepatan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 221-232. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.5984.
Kusumastuti, K. R., & Amalia, S. (2025). Pengaruh kualitas tidur terhadap problem kesehatan mental pada emerging adulthood. Cognicia, 13(2), 96-104. https://doi.org/10.22219/kognicia.v13i2.41640.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemam-puan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85-96. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.279.
Novitasari, P., Prasetyorini, H., & Prihati, D. R. (2018). Upaya pemenuhan kebu-tuhan istirahat tidur pada ibu postpartum dengan preeklampsia. Jurnal Mana-jemen Asuhan Keperawatan, 2(1), 22-33. https://doi.org/10.33655/mak.v2i1.31.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Saba, Z. I. Z. (2024). Pentingnya Istirahat Terhadap Pemulihan Fisik dan Mental At-let. JPKO Jurnal Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 2(01), 1-7. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpko/article/view/379.
Yusman, E. F., & Suriani, A. (2024). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Central Publisher, 2(6), 2176-2182. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i6.461.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with the Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran) agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)