Pengaruh Jam Tidur Malam terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Konsentrasi Belajar Kelas XI SMA Negeri 3 Bojonegoro

Authors

  • Tutut Septia Wati IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Linda Rahma Dhani Saputri IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Junarti IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/jr.v4i2.5234

Keywords:

Jam Tidur, Membaca Pemahaman, Konsentrasi Belajar

Abstract

abstrak— Jam tidur malam merupakan periode istirahat yang dilakukan seseorang pada waktu malam hari sebagai bagian dari kebutuhan fisiologis tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jam tidur siswa kelas XI terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan mempertimbangkan aspek konsentrasi belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, instrumen berupa angket skala Likert yang digunakan untuk mengukur kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan tidur malam yang baik berkaitan positif namun sangat lemah dengan kemampuan membaca pemahaman siswa, karena memberikan beberapa keuntungan seperti: 1) Membantu menjaga tingkat konsentrasi saat memahami bacaan, 2) Meningkatkan daya ingat sehingga informasi lebih mudah diproses, dan 3) Mengurangi kelelahan kognitif yang dapat menghambat pemahaman teks. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat tiga keuntungan pola tidur malam yang baik bagi proses membaca pemahaman, meskipun pengaruhnya secara statistik tergolong lemah.

Kata kunci— Jam Tidur, Membaca Pemahaman, Konsentrasi Belajar

 

 

Abstract— A clause is a grammatical unit consisting of two or more words.The purpose of this studyis to determine the results of the analysis of clause usage in flood news reportson cnnindonesia.com. This study uses a qualitative descriptive research method. The data collection techniquesused in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this studyshow that there are clauses, namely 1) verb clauses, 2) noun clauses,3) adjective clauses, 4) numeral clauses, 5) prepositional clauses, 6) dependent clauses,and 7) independent clauses. The conclusion of this study is that there are 7 clausesin flood news reports on cnnindonesia.com.

 Keywords— Sleeping Hours, Reading Comprehension, Concentration Learning

References

Andini, M. D., Chandra, C., & Syam, S. S. (2025). Strategi Berpikir Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Da-sar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 161-173. https://doi.org/10.61132/semantik.v3i2.1632.

Ashadi, K., Fajar, M. K., Sidik, R. M., Utami, T. S., Jatmikanto, R. S., Mubarokah, D. H., & Permatasari, D. J. (2025). Kesehatan, Gaya Hidup dan Pola Latihan. Po-norogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Cahyo, M. B. N., Fauziyah, I. Z., & Aulia, A. S. D. (2025). Efektivitas Metode Pem-belajaran Reading Guide Dalam Peningkatan Daya Ingat Anak Slow Learner. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 34-50. https://doi.org/10.30739/peneroka.v5i1.3616.

Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mem-baca Pemahaman dengan menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrat-ed Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 19-37. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1000.

Hasibuan, N. F., & Handayani, A. P. (2025). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kesulitan Dalam Menghafal. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(4), 6470-6477. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/2967.

Husnah, F., Yunia, K. I., Chandra, C., & Suriani, A. (2024). Tantangan dan manfaat membaca intensif dalam era digital di sekolah dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3), 325-338. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.761.

Istibsaroh, F. (2021). Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Tidur Dengan Penurunan Daya Ingat Pada Lansia. Indonesian Health Science Journal, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.52298/ihsj.v1i1.7.

Kasingku, J. D., & Lotulung, M. S. D. (2024). Memahami Hubungan Kualitas Tidur terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran In-donesia (JPPI), 4(3), 1038-1050. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.703.

Khairunnisa, M. N., Pravitasari, O., Nadhifa, D. E., Ar, S., & Oktasari, R. (2025). Analisis Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Aspek Pemahaman, Evaluasi Dan Kecepatan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 221-232. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.5984.

Kusumastuti, K. R., & Amalia, S. (2025). Pengaruh kualitas tidur terhadap problem kesehatan mental pada emerging adulthood. Cognicia, 13(2), 96-104. https://doi.org/10.22219/kognicia.v13i2.41640.

Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemam-puan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85-96. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.279.

Novitasari, P., Prasetyorini, H., & Prihati, D. R. (2018). Upaya pemenuhan kebu-tuhan istirahat tidur pada ibu postpartum dengan preeklampsia. Jurnal Mana-jemen Asuhan Keperawatan, 2(1), 22-33. https://doi.org/10.33655/mak.v2i1.31.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Saba, Z. I. Z. (2024). Pentingnya Istirahat Terhadap Pemulihan Fisik dan Mental At-let. JPKO Jurnal Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 2(01), 1-7. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpko/article/view/379.

Yusman, E. F., & Suriani, A. (2024). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Central Publisher, 2(6), 2176-2182. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i6.461.

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Wati, T. S., Linda Rahma Dhani Saputri, & Junarti. (2025). Pengaruh Jam Tidur Malam terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Konsentrasi Belajar Kelas XI SMA Negeri 3 Bojonegoro. Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(2), 47–55. https://doi.org/10.30734/jr.v4i2.5234

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.