Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Interaktif Cerita Fiksi bermuatan Kearifan Lokal berbantuan Website Lumio By Smart

Nisva Rizky Oktaviani, Muhamad Sholehhudin, Syahrul Udin, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan bahan ajar interaktif berbasis cerita fiksi yang memuat unsur kearifan lokal dengan memanfaatkan platform Lumio By Smart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara yang melibatkan siswa kelas VIII di Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menyambut baik pengembangan bahan ajar interaktif yang memadukan unsur lokal dan teknologi digital. Mereka juga menilai bahwa kehadiran bahan ajar ini dapat membantu dalam memahami unsur-unsur cerita fiksi serta meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar interaktif berbantuan Lumio By Smart sangat dibutuhkan dalam pembelajaran cerita fiksi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan kontekstual.

Kata kunci— Bahan Ajar Interaktif, Lumio By Smart, Kearifan Lokal, Cerita Fiksi

 

Abstract— This study aims to identify the needs of interactive teaching materials based on fictional stories that contain elements of local wisdom by utilizing the Lumio By Smart platform. This study used a qualitative approach with data collection techniques through questionnaires and interviews involving grade VIII students in Bojonegoro Regency. The results showed that students welcomed the development of interactive teaching materials that combine local elements and digital technology. They also considered that the presence of this teaching material could help in understanding the elements of fictional stories and increase appreciation for regional culture. The conclusion of this study is that interactive teaching materials assisted by Lumio By Smart are needed in learning fiction stories to create a more interesting and contextual learning experience.

Keywords— Interactive Teaching Materials, Lumio By Smart, Local Wisdom, Fiction Stories

 


Full Text:

PDF

References


Atmojo, E. R. D. (2020). Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 1(3), 172-182. Doi Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V1i3.39

Elmuna, F. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Berbasis Kearifan Lokal Bojonegoro Terhadap Literasi Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Doctoral Dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).

Hartono, A. R., Bustan, A., & Farcis, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Google Slide Pada Materi Energi Kelas VII Semester Ganjil Kelas VII Di SMP Negeri 8 Palangkaraya. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 66–72. Https://Doi.Org/10.37304/Bpjps.V4i2.5144

Islami, D. (2022). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Doi Https://Doi.Org/10.31237/Osf.Io/3xezr

Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 14-23. Doi Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V3i1.28

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(1), 36-45. Doi Https://Dx.Doi.Org/10.24042/Ijsme.V2i1.3924

Liswina Azuri, R., Triani, S. N., & Setyowati, R. Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan MEDIA Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa INDONESIA Materi Cerita Fiksi Kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Jurnal Guru Kita, 8(2), 327-341. Doi Https://Dx.Doi.Org/10.24114/Jgk.V8i2.52487

Liswina Azuri, R., Triani, S. N., & Setyowati, R. Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan MEDIA Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa INDONESIA Materi Cerita Fiksi Kelas V SD Negeri 94 Singkawang. Jurnal Guru Kita, 8(2), 327-341. Doi Https://Dx.Doi.Org/10.24114/Jgk.V8i2.52487

Liza, E. R., Elpandy, F., & Ramadhan, S. (2024). Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Dalam Novel “Tuhan Aku Ingin Menjadi Malaikat Kecilmu” Karya Eidelweis Almira. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4).

Maisarah, I., & Imamah, A. (2024). The Use Of Lumio Applications In The Maharah Qiraah And Chitabah In Learning Arabic. Amandemen: Journal Of Learning, Teaching And Educational Studies, 2(2), 89-98. Doi Https://Doi.Org/10.61166/Amd.V2i2.69

Manasikana, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Doi

Mujiwanto, M., Murtono, M., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk SMP/MTS. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 425-442. Doi Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V4i2.5520

Putri, C. K., Ichsan, B. G. M. K., & Ferrari, R. M. L. (2023). Analisis Ilustrasi Dan Narasi Pada Buku Cerita Bergambar Lost And Found Karya Oliver Jeffers. In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism), 22(2), 435-446. Doi Https://Doi.Org/10.37278/Insearch.V22i2.804

Rahmah, N., Nurjannah, N., & Fitriani, F. (2024). Implementasi Lumio Untuk Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Di Madrasah Aliyah. Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). Https://Dx.Doi.Org/10.61220/Mosaic.V1i2.506

Rosyidah, Awal Nur Kholifatur. "Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Ketrampilan Membaca Nyaring Siswa." Journal Of Classroom Action Research 5. Specialissue (2023): 30-34. Doi 10.29303/Jcar.V5ispecialissue.3417

Ruslan, H. (2023). Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Cerita Rakyat Vova Saggayu Di Kabupaten Pasangkayu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 73-90. Doi Https://Doi.Org/10.53769/Deiktis.V3i2.449

Siregar, M. R., Harahap, T. H., & Simbolon, M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Game Based Learning (Gbl) Berbasis Lumio By Smart. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(2), 193-200. Doi Https://Doi.Org/10.30596/Jmes.V5i2.20810

Sundaryanti, S., Setiyono, J., & Hawa, M. (2022, July). Kearifan Lokal Pada Novel Anwar Tohari Mencari Mati Karya Mahfud Ikhwan Serta Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, Pp. 1013-1028).

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255-270.

Wiediharto, V. T., Ruja, I. N., & Purnomo, A. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Suran. Diakronika, 20(1), 13-20. Doi Https://Doi.Org/10.24036/Diakronika/Vol20-Iss1/122

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH: Journal Education And Technology, 4(2), 84-95. Doi Https://Doi.Org/10.31932/Jutech.V4i2.2920

Zahrah, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Lumio By Smart Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 (Bachelor's Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v4i1.5127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.