Analisis Kebutuhan dan Desain Cerita Fabel bermuatan Profil Pelajar Pancasila berbentuk Komik Digital
Abstract
Abstrak— Fabel adalah salah satu bentuk cerita rakyat yang menampilkan hewan sebagai tokoh utama dengan sifat dan perilaku layaknya manusia. Cerita ini biasanya mengandung pesan moral yang mendalam, sehingga menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan nilai-nilai kehidupan. Sebagai salah satu jenis cerita sastra, fabel tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik, menjadikannya materi yang relevan untuk dipelajari. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D. Pendekatan penelitian Research and Development (R&D) bertujuan untuk mengembangkan produk atau model yang dapat memberikan solusi atas permasalahan tertentu. Hasil penelitian ini berisi kebutuhan dan desain cerita fabel bermuatan profil pelajar pancasila berbentuk komik digital.
Kata kunci—Analisis kebutuhan, Analisis desain, Cerita fabel, Profil pelajar pancasila, komik digital
Abstract— Fable is a form of folklore that features animals as the main characters with human-like traits and behaviors. This story usually contains a deep moral message, making it an effective means of conveying life values. As a type of literary story, fable is not only entertaining, but also educational, making it a relevant material to study. This study uses R&D research. The Re-search and Development (R&D) research approach aims to develop products or models that can provide solutions to certain problems. The results of this study contain the needs and design of fable stories containing Pancasila student profiles in the form of digital comics.
Keywords— Needs analysis, Design analysis, Fable stories, Pancasila student profiles, digital comics
Full Text:
PDFReferences
Amalia, L. R., & Sholeh, M. (2024). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 181-189. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1142.
Andini, S. H., Yustie, H. A., Larasati, I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani, D., ... & Habibah, A. H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cahya Ghani Recovery.
Cahyani, I. D., Hakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran scrapbook dongeng fabel terhadap minat literasi siswa sd. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 337-343.
Hasim, D. M. N. H. (2024). Pengembangan modul pembelajaran menulis teks fabel mengunaan strategi benggala (fabel tanggal lahir) untuk peserta didik kelas viii smp/Dhara Maritza Nareswari Hasim (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/308914.
Hidaya, K. N., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Komik Digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 37-45. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4264.
Lamondo, D., Hulukati, F., Akbar, M. N., Hasan, A. M., Dama, L., & Solang, M. (2024). Pengembangan Komik Digital Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Bagi Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Suwawa. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 239-251. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4550.
Nukha, L. Z., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2025). Analisis Kemampuan Menulis Cerita Imajinasi pada Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 310-322. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i2.1522.
Nurfathiyah, A. Z., Wiyono, B. B., Arafik, M., & Arifin, I. (2024). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin pada Anak Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1086-1097. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.456.
Rahmawati, A. (2021). Fabel sebagai Sarana Edukasi Moral bagi Anak-anak. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 9(2), 98-105. https://doi.org/10.56789/jkbs.v9i2.7891.
Ramadi, R., & Vai, A. (2024). Pengembangan Komik Digital Interaktif sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Materi Pencak Silat di SD Kota Pekanbaru. Jurnal Porkes, 7(1), 534-546. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.25763.
Sugiarti, S., Hayati, M., & Akhodiyah, S. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Menulis Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII SMP NU Tebat Jaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(2), 137-141. https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.26452.
Suhartina, S., Halifah, S., & Frazila, A. F. (2024). Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidayyah. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 142-152. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i2.696.
SuprijatI, H., Hariyadi, A., & Utaminingsih, S. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatnya Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Scientia, 3(2). https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.292.
Suryani, R. (2022). Struktur Alur dalam Cerita Fabel sebagai Media Pembelajaran Moral. Jurnal Sastra dan Bahasa Indonesia, 10(1), 50-58. https://doi.org/10.12345/jsbi.v10i1.5678.
Syahfitri, D., Wityasminingsih, E., Ariani, I., & Waruwu, M. U. P. (2024). Revitalisasi Cerita Rakyat Sampuraga Melalui Komik Digital Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bipa Tingkat Pemula. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 7(1), 200-211. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i1.2704.
Syarifudin, M. C., Wikanta, W., & Listiana, L. (2024). Desain Media Komik Digital Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Melatih Literasi Digital Dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1). https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24083.
Wibowo, D. (2023). Fungsi Latar dalam Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Moral Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 14(3), 101-113. https://doi.org/10.7890/jpa.2023.14309.
Wini, L. O., Kamaruddin, K., & Ukhti, A. (2024). Penggunaan model Think Pair Share dalam pembelajaran fabel di SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v6i1.31609.
Yani, M. T., Rosyanafi, R. J., Hazin, M., Cahyanto, B., & Nuraini, F. (2024). Profil Pelajar Pancasila dari Perspektif Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kediri. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v4i1.5123
Refbacks
- There are currently no refbacks.