Kajian Komparatif Metode Pendekatan dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Anak Disleksia
Abstract
Abstrak— keterampilan membaca merupakan aspek fundamental dalam pendidikan yang berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif seseorang. Tujuan penelitian ini ialah mengeksplorasi efektivitas berbagai metode pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan membaca anak-anak penderita disleksia. Disleksia sebagai gangguan belajar yang umum, memerlukan pendekatan intervensi yang tepat agar anak dapat mengatasi kesulitan membaca mereka. Melalui kajian pustaka dan analisis tematik, penelitian ini membandingkan beberapa metode, termasuk metode multisensori, fonik, dan pendekatan lainnya. Hasil menyatakan bahwa metode multisensori dan fonik efisien dalam mengembangkan keterampilan membaca anak disleksia, meskipun setiap metode mempunyai keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan dalam implementasinya. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan wawasan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efisien untuk mendukung anak-anak disleksia.
Kata kunci—membaca, metode, disleksia
Abstract— reading skills are a fundamental aspect of education that significantly influences an individual's cognitive development. This research aims to explore the effectiveness of various teaching methods in developing reading skills among children with dyslexia. Dyslexia, a common learning disorder, requires appropriate intervention approaches to help children overcome their reading difficulties. Through literature review and thematic analysis, this study compares several methods, including multisensory and phonics approaches. The results indicate that both multisensory and phonics methods are effective in enhancing reading skills in dyslexic children, although each method has its strengths and weaknesses that must be considered in implementation. This research is expected to provide insights for educators in designing more efficient learning strategies to support dyslexic children.
Keywords—read, methode, dyslexia
Full Text:
PDFReferences
Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 995-1003.
ARBI, R. P. PENGGUNAAN METODE ANALISIS GLASS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA SEKOLAH DASAR.
Ariyanti, F. (2022). Penggunaan Metode Fonik (Phonic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia Di Kelas 1 SD Negeri 187/1 Teratai. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(1), 16-20.
Astutik, D. E., & Minarsih, N. M. M. PENGARUH METODE ORTON-GILLINGHAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DISLEKSIA.
Hasballah, M. U., & Rabi, N. B. M. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DINI PADA ANAK DISLEKSIA MELALUI METODE “VAKTA”. Jurnal Buah Hati, 9(1), 43-56.
Komalasari, M. D. (2017). Efektivitas metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar. Jurnal Elementary School, 4(1), 14-19.
Maghfiroh, V., & Liansari, V. (2024). Analisis kesulitan membaca permulaan pada peserta didik disleksia kelas rendah sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3805-3819.
Munawaroh, M., & Anggrayni, N. T. (2015). Mengenali tanda-tanda disleksia pada anak usia dini. Diakses pada 3 Desember 2024.
Oktamarina, L., Rosalina, E., Utami, L. S., Duati, S. F. K., Dzakiyyah, C., Sari, R. P., & Julita, M. S. (2022). Gangguan gejala disleksia pada anak usia dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02), 104-118.
Priyadi, M. S., Novia, S., Suhariyanti, M., Alhadi, I. A., & Rachmatia, M. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BACA TULIS SISWA DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 311-321.
Surayya, S., & Mubarok, H. (2021). Pengaruh Aplikasi Marbel Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 193-204.
Udhiyanasari, K. Y. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(1), 39-50.
Van Donal, Y., & Efrina, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Visual, Auditori, Kinestetik, Takstil (VAKT) Pada Anak Disleksia. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), 43-50.
Wijaya, A., Mulyawati, Y., & Hikmah, N. (2022). Penerapan Metode Multisensori Berbantuan Balok Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal FOUNDASIA, 13(2), 2022-2076.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v4i1.4947
Refbacks
- There are currently no refbacks.