Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTs Mizanul ‘Ulum Desa Sanrobone Kabupaten Takalar

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.464

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan Kelas, Guru

Abstrak

Being a professional teachers is required a number of requirements, such as having an adequate professional education qualification and actively developing themselves through classroom action research activities. Meanwhile, Classroom Action Research activities by most teachers are considered as something difficult and confusing, including for teachers at MTs Mizanul ‘Ulum Sanrobone Takalar District who are community service partners. For this reason, as a solution to these problems, Classroom Action Research Training is conducted. The method used in this activity is the training method. Participants who were targeted partners were 25 teachers. In its implementation, the training takes place in three stages, namely preparation, implementation, and evaluation. The results of this training activity were carried out well and smoothly. The training carried out also produced a Classroom Action Research Guidelines that could be used teachers as a guide in preparing Classroom Action Research. In addition, the training received a positive response from the teachers. This is evidenced from the results of the training evaluation questionnaire analysis which showed that as many as 64% of participants gave a very useful category response. Thus, this Classroom Action Research Training can improve the motivation, knowledge and skills of MTs Mizanul ‘Ulum Sanrobone teachers in Takalar District in conducting Classroom Action Research.

Keywords: Classroom Action Research, Teacher

ABSTRAK

 

Menjadi guru yang profesional dituntut dengan sejumlah persyaratan, seperti memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai dan aktif melakukan pengembangan diri melalui kegiatan penelitian tindakan kelas. Sementara, kegiatan Penelitian Tindakan Kelas oleh sebagian besar guru dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan membingungkan, termasuk bagi guru-guru di MTs Mizanul ‘Ulum Sanrobone Kabupaten Takalar yang menjadi mitra pengabdian masyarakat ini. Untuk itu, sebagai solusi atas permasalahan tersebut, dilakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan. Peserta yang menjadi mitra sasar sebanyak 25 guru. Dalam pelaksanaannya, pelatihan berlangsung dalam tiga tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pelatihan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Pelatihan yang dilaksanakan juga menghasilkan Pedoman Penelitian Tindakan Kelas yang dapat dijadikan para guru sebagai panduan dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Selain itu, pelaksanaan pelatihan mendapat respons positif dari para guru. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis kuesioner evaluasi pelatihan yang menunjukkan sebanyak 64% peserta memberikan respons kategori yang sangat bermanfaat. Dengan demikian, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi dan keterampilan guru MTs Mizanul ‘Ulum Sanrobone Kabupaten Takalar dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Guru

Biografi Penulis

Umar Mansyur, Universitas Muslim Indonesia

Umar Mansyur, lahir di Pajalele, Kabupaten Pinrang pada 28 Februari 1986. Dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Aktif dalam penelitian dan menulis karya ilmiah. Penulis juga aktif menulis prosa fiksi. Beberapa tulisannya telah diterbitkan dalam jurnal, prosiding, buku antologi cerita pendek, surat kabar, dan blog pribadi.

Referensi

Arikunto, S. dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mansyur, U. & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru MTs DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 273–278.

Mansyur, U. (2013). Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia SMP Peserta MGMP dan yang Bukan Peserta MGMP di Kabupaten Pinrang. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya.

Utami, P.S. & Sutrisno. (2017). Pelatihan Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru PPKn MTs di Kabupaten Ponorogo. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 81-91.

Diterbitkan

2019-10-20

Cara Mengutip

Mansyur, U., & Rahmat, R. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTs Mizanul ‘Ulum Desa Sanrobone Kabupaten Takalar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 47–54. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.464

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.