Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah sebagai Persiapan PPG bagi Guru Ekonomi SMA di Muara Enim

Riswan Jaenudin, Ikbal Barlian, Dewi Koryati, Firmansyah Firmansyah, Dwi Hasmidyani

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru Ekonomi SMA di Kabupaten Muara Enim mengenai penulisan dan publikasi artikel ilmiah sebagai persiapan mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Khalayak sasaran dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terisi dari 29 orang guru Ekonomi SMA di Kabupaten Muara Enim. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dengan menggunakan metode pendampingan teknis. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan pemberian materi mengenai penulisan artikel ilmiah dan publikasi artikel ilmiah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan dan evaluasi terkait dengan artikel ilmiah yang dibuat oleh masing-masing khalayak sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berdampak pada rata-rata peningkatan pengetahuan khalayak sasaran sebesar 0,72 atau terkategori tinggi. Peningkatan pengetahuan ini juga didukung dengan peningkatan keterampilan khalayak sasaran penulisan artikel ilmiah yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata untuk produk artikel ilmiah yang dihasilkan oleh khalayak sasaran mencapai persentase 87,14 % yang terkategori sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa guru Ekonomi SMA di Kabupaten Muara Enim sebagian besar sudah menguasai dan mengaplikasikan aspek-aspek penting dalam penulisan artikel ilmiah, serta keterampilan mereka dalam menyusun artikel ilmiah sudah meningkat dengan cukup efektif dalam rangka sebagai persiapan bagi guru untuk menempuh Program Profesi Guru (PPG).


Keywords


Artikel Ilmiah; Publikasi Ilmiah; Program Profesi Guru

Full Text:

PDF

References


Hadi, K. A., Qomariyah, N., Minarti, S. (2019). Pengembangan Profesionalissme Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1 (2), 69-73.

Handayani, S. L., Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 70-77.

Hasan. (2021). Publikasi Ilmiah Bagi Guru Sekolah: Antara Realita dan Harapan. Cross-border, 4 (2), 154-164.

Marwa., Dinata, R. (2020). Pelatihan Penulisan Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5 (1), 71-82.

Nuraini, L., Sudarti, & Prastowo, S. H. B. (2023). Evaluasi Keterampilan Guru SMA/MA dalam Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan Strategi Efektif Publikasi Artikel pada Jurnal Ilmiah Nasional. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 112–124.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 87 Tahun 2013 Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2017 Tentang Guru. Jakarta.

Rintaningrum, R. (2015). Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), 60-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i1.4880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats