Pendampingan Penyusunan LKPD Berbasis Case Method bagi Guru Ekonomi SMA Muara Enim

Authors

  • Dwi Hasmidyani Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Siti Fatimah Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Dian Eka Amrina Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Muhammad Akbar Budiman Universitas Sriwijaya, Indonesia

Keywords:

LKPD, Case Method, Bahan Ajar Ekonomi

Abstract

Pelaksanaan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis case method pada pembelajaran ekonomi dirasa belum optimal, terutama karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan ketua MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Muara Enim, didapat informasi bahwa pendidik ekonomi di SMA Kabupaten Muara Enim jarang membuat sendiri LKPD dalam proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru ekonomi SMA di Kabupaten Muara Enim dalam menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis case method. LKPD berbasis case method dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa melalui analisis kasus nyata. Kegiatan ini menggunakan model pendampingan teknis yang dilaksanakan melalui tiga tahapan. Tahapan yang dilakukan pada PKM ini ialah tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan guru dengan skor 0,78 (kategori tinggi), serta produk LKPD berbasis case method yang terkategori baik dengan tingkat capaian sebesar 78,2%. Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan dan keterampilan guru terkait penyusunan LKPD  berbasis case method meningkat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di sekolah.

Author Biographies

Dwi Hasmidyani, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Siti Fatimah, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Dian Eka Amrina, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Muhammad Akbar Budiman, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Ekonomi

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Alkhairi, F., & Siregar, T.M. (2024). Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan Berbantuan Case Method untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA di Kelas X. Jurnal On Education, 6(2). https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5036

Amrina, D. E., Akbar, M., Ruth, B., & Simarmata, H. (2023). Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Case Method Untuk Menumbuhkembangkan HOTS. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 7(2), 594–604. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.21134

Arsih, F. (2024). Penguatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru MGMP Biologi dalam Mengembangkan Pembelajaran Inovatif untuk Mendukung Pemberdayaan Keterampilan Abad-21 Siswa. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15(1), 6-12. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14056

Dewi, U. M. (2024). Training on the Preparation of Case Method and PJBL-Based Learning Tools as Strengthening 21st Century Skills. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB), 3(9), 507-514. https://doi.org/10.55927/jpmb.v3i9.10684

Jusniar., Et al. (2024). Century 21 Skill Guru-Guru Smk Yppp Wonomulyo Dengan Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Method Dan PBL. Abdikimia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). 1–9. https://doi.org/10.26858/abdi.v1i2.2430

Khusnia, A., & Susantini, E. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 7(2), 105–112.

Nawati. A., Et al. (2024). Analisa Kebutuhan Media Pembelajaran Ipas Berbasis Pbl Terintegrasi Nilai Tri-Nga Untuk Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). 2548-6950. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16728

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Sulistiowati, A.P., & Susilowibowo, J. (2024). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Praktikum Akuntansi Dagang Berbasis Higher Order Thinking Skills(HOTS). Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 40-52. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.25210

Syam, A.N., Et al. (2024). Pelatihan Pembuatan & Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Bagi Guru. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 8(1), 43-56. https://dx.doi.org/10.30813/jpk.v8i1.5310

Downloads

Published

— Updated on 2025-05-21

How to Cite

Hasmidyani, D., Fatimah, S., Amrina, D. E., & Budiman, M. A. (2025). Pendampingan Penyusunan LKPD Berbasis Case Method bagi Guru Ekonomi SMA Muara Enim. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(1), 53–62. Retrieved from http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/4879

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 

You may also start an advanced similarity search for this article.