Pendampingan Microteaching Computational Thinking pada Kelompok Guru

Authors

  • Anik Vega Vitianingsih
  • Windi Setiawan
  • Hetty Purnamasari
  • Rahmawati Erma Standsyah
  • Alda Raharja

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2236

Abstract

ABSTRACT

The main partner problem is the partner's low knowledge and skills in computational thinking. The method used to solve partner problems is ASSISTANCE. The purpose of the mentoring is to improve the knowledge and skills of teachers to incorporate computational thinking knowledge into learning. The results of the assistance for approximately 4 months show that the knowledge and skills of partners in computational thinking cannot be improved.

 

Keywords: Training, Computational Thinking, Bebras, HOTS

 

ABSTRAK

 

Masalah mitra yang utama adalah rendahnya pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam berpikir komputasi. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah mitra adalah PENDAMPINGAN. Tujuan pendapingan adalah meningkatkan pengetahan dan ketrampilan Guru memasukan pengetahuan computational thinking ke dalam pembelajaran. Hasil pendampingan selama kurang lebih 4 bulan menunjukan bahwa pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam berpikir komputasi belum bisa ditingkatkan.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Berpikir Komputasi, Bebras, HOTS

References

Anistyasari, Yeni, Ekohariadi Ekohariadi, and Munoto Munoto. 2020. “Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman Dan Berpikir Komputasi: Sebuah Studi Literatur.” Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) 2(2): 37–44.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age 04(1): 4–6.

Danindra, Lintang Sekar, and Masriyah -. 2020. “Proses Berpikir Komputasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin.” MATHEdunesa 9(1): 95–103.

Gunawan, Satria, Mustari Lamada, and Suci Anita Octavia. 2021. “Pelatihan Computational Thinking Dan Sosialisasi Gerakan Pandai Bagi Guru SD Muhammadiyah Di Gunungkidul Dinan.” In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, , 851–58. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18284.

IsmarmiatY et al. 2020. “Sosialisasi Gerakan Pandai Computational Thinking Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Ikhlas Pendidikan Dan Kebudayaan Bapak Awaluddin Tjalla Di Acara Grow with Google Di Perpustakaan Nasional Repu.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter 3(2): 173–84.

Kartarina et al. 2021. “Sosialisasi Dan Pengenalan Computational Thinking Kepada Guru Pada Program Gerakan Pandai Oleh Bebras Biro Universitas Bumigora.” Jurnal Pengabdian dan Pemeberdayaan Masyarakat 2(1): 27–34.

Malik, Syaeful. 2016. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning.” (November). http://repository.upi.edu/id/eprint/23876.

Rosadi, Muhammad Edya et al. 2020. “Sosialisasi Computational Thinking Untuk Guru-Guru Di SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin.” Jurnal SOLMA 9(1): 45–54.

Supatmiwati, Diah, Wiya Suktiningsih, Anthony Anggrawan, and Katarina Katarina. 2021. “Sosialisasi Computational Thinking Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Guru-Guru MI Dan MTs Wilayah Lombok Tengah.” ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2(1): 73–84.

et al. 2020. “Membentuk Cara Berpikir Komputasi Siswa Di Garut Dengan Tantangan Bebras.” Jurnal PkM MIFTEK 1(1): 55–60.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Vitianingsih, A. V., Setiawan, W., Purnamasari, H., Standsyah, R. E., & Raharja, A. (2022). Pendampingan Microteaching Computational Thinking pada Kelompok Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 201–206. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2236

Issue

Section

Articles

Citation Check