Pelatihan Pengembangan Pembelajaran berbasis Entreprenuership bermuatan Kearifan Lokal

Authors

  • Hairida Hairida Universitas Tanjungpura, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-8869-4251
  • Masriani Masriani Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Eny Enawaty Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Rini Muharini Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ira Lestari Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Andi Ifriany Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Erlina Erlina Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Rachmat Sahputra Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Maria Ulfah Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Eni Mayasari Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Risya Sasri Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Muhammad Farras Leonasa Agusta Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4617

Keywords:

Learning Development, Entreprenuership, Local Wisdom

Abstract

ABSTRACT

Implementing entrepreneurship as part of the Merdeka Curriculum is considered suboptimal due to the numerous challenges schools face. This is consistent with the survey results among chemistry educators in the Singkawang, which showed that while most have implemented entrepreneurship in their teaching, it has not yet incorporated local wisdom and has not been included in their teaching tools. The purpose of this community service program (PKM) is to enhance educators' ability to develop entrepreneurship-based learning that incorporates local wisdom and to describe educators' responses to the training activities conducted. The method used in this PKM is a training method for 24 chemistry educators in Singkawang, consisting of three stages: preparation, implementation, and evaluation. The results of the PKM activities showed increased knowledge and helped Singkawang's chemistry educators integrate these two concepts into their teaching.

Keywords: Learning Development, Entreprenuership, Local Wisdom

 

 

ABSTRAK

Pelaksanaan kewirausahaan sebagai implementasi kurikulum merdeka dirasa belum optimal dikarenakan terdapat banyak kendala yang harus dihadapi oleh sekolah. Hal tersebut sesuai dengan hasil survei pada pendidik kimia Kota Singkawang yang sebagian besar sudah mengimplementasikan kewirausahaan dalam pembelajarannya akan tetapi belum bermuatan kearifan lokal dan belum dituangkan dalam perangkat pembelajarannya. Tujuan PKM ini ialah untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam mengembangkan pembelajaran yang berbasis entrepreneurship bermuatan kearifan lokal serta untuk mendeskripsikan respon pendidik terhadap kegiatan pelatihan yang dilakukan. Metode yang digunakan pada PKM ini ialah metode pelatihan untuk 24 pendidik kimia Kota Singkawang yang terdiri dari 3 tahap. Tahapan yang dilakukan pada PKM ini ialah tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan PKM diketahui dapat meningkatkan pengetahuan dan membantu pendidik kimia Kota Singkawang dalam mengintegrasikan kedua konsep tersebut ke dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran, Entreprenuership, Kearifan Lokal

Author Biographies

Hairida Hairida, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Masriani Masriani, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Eny Enawaty, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Rini Muharini, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Ira Lestari, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Andi Ifriany, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Erlina Erlina, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Rachmat Sahputra, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Maria Ulfah, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Eni Mayasari, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Risya Sasri, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

Muhammad Farras Leonasa Agusta, Universitas Tanjungpura

Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN

References

Ahsin, M. N., & Arumsari, N. R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia SD Berbasis Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2): 91–103. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.91-103.

Badriyyah, L., & Haqiqi, A. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Peningkatan Edupreneurship Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 2(2):124–137.

Bali, M. M. E. I., Jailani, M. D., Romaodhoni, M. N., & Ratnawati. (2021). Meningkatkan Daya Kreativitas Edupreneurship Melalui Pembinaan Dan Pelatihan Desain Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Madiya Masyarakat Mandiri Berkarya, 2(1): 20–28. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/431%0Ahttp://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/download/431/139.

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project-Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6): 1659–1669. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1): 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388.

Noviani, L., & Wahida, A. (2022). Pembelajaran Kewirausahaan di SMA Selama Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1): 15–22.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1): 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264.

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3): 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698.

Sriyanti, S., & Zanki, A. S. (2021). Best Practice Edupreneurship Berbasis Pembelajaran Sentra Berkebun Di Paud Darussalam Bojonegoro. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1): 51–62. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.181.

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2): 171–175.

Wildan, S., & Subiyantoro. (2022). Peran Edupreneurship dalam Meningkatkan Kualitas Kemandirian Berwirausaha Santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4): 1001–1011. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2335.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Hairida, H., Masriani, M., Enawaty, E., Muharini, R., Lestari, I., Ifriany, A., … Agusta, M. F. L. (2024). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran berbasis Entreprenuership bermuatan Kearifan Lokal. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(2), 16–23. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4617

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.