Pelatihan Pengelolaan Laboratorium IPA bagi Guru SMP/MTs Kecamatan Windusari

Authors

  • Riva Ismawati Universitas Tidar, Indonesia
  • Eli Trisnowati Universitas Tidar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.278

Keywords:

pelatihan, pengelolaan, laboratorium IPA.

Abstract

ABSTRACT

Learning science in junior high schools cannot be separated from activities in the laboratory. Professional laboratory managers are an important aspect to support the ongoing science learning process. The results of observations at partner schools found that laboratory managers still had low knowledge about the competence of school laboratory personnel. IPA laboratories in partner schools have not been used according to their functions. In addition, the tools and materials available have not been handled properly so that they are not maintained, and cannot be used optimally. The objectives of this service are: a) participants understand the organizational structure and tasks of laboratory personnel, b) participants can develop, implement, evaluate laboratory work programs; c) participants can apply occupational safety health in the laboratory; d) participants can carry out maintenance and maintenance of tools and materials. Implementation methods include lectures, discussions, practices, and assignments. Evaluation of the service implementation is carried out at the end of the activity to find out the participants' responses to the activities that have been carried out. The result of this service activity is the increasing skills of trainees in managing the science laboratory.

Keywords: training, management, science laboratory.

 

 

ABSTRAK

Pembelajaran IPA di SMP tidak dapat dipisahkan dari kegiatan di laboratorium. Pengelola laboratorium yang professional merupakan aspek penting sebagai pendukung berlangsungnya proses pembelajaran IPA. Hasil observasi di sekolah mitra diketahui pengelola laboratorium masih memiliki pengetahuan yang rendah mengenai kompetensi tenaga laboratorium sekolah. Laboratorium IPA di sekolah mitra belum digunakan sesuai dengan fungsinya. Selain itu, alat dan bahan yang tersedia belum ditangani dengan baik sehingga tidak terawat, dan tidak dapat difungsikan secara optimal.  Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah a) peserta memahami struktur organisasi dan tugas tenaga laboratorium, b) peserta dapat menyusun, melaksanakan, mengevaluasi program kerja laboratorium;  c) peserta dapat menerapkan kesehatan keselamatan kerja di laboratorium; d) peserta dapat melakukan perawatan serta pemeliharaan alat dan bahan. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, diskusi, praktik, dan penugasan. Evaluasi pelaksanaan pengabdian dilakukan diakhir kegiatan untuk mengetahui tanggapan peserta terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan peserta pelatihan dalam mengelola laboratorium IPA.

Kata Kunci: pelatihan, pengelolaan, laboratorium IPA.

References

Berte, L. M. (2011). Quality Management System : A model for Laboratory Service; Approved Guidline. Clinical and Laboratory Standards Institute.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Panduan Kerja Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah.

Elseria, E. (2016). Efektifitas pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan. 10(1).

Novianti, N, R. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi Khusus, 1, 158-166.

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana Pendidikan.

Permendiknas no. 26 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah.

PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purnawan, E. B. (2009). Aanalisis Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMA PORI Jepara. Tesis Magister, Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana Unnes. Semarang.

Rumilah. (2006). Keefektifan Manajemen Laboratorium IPA SMP Negeri di Kabupaten Bantul. Tesis Magister, Tidak diterbitkan. UNY

Subamia, I., D. P. (2017). Pelatihan keterampilan Dasar Laboratorium (Basic Skill Laboratory) Bagi Staf Laboratorium IPA SMP Se-Kabupaten Buleleng. Widya Laksana, 1(2), 36-48.

Downloads

Published

2019-05-06

How to Cite

Ismawati, R., & Trisnowati, E. (2019). Pelatihan Pengelolaan Laboratorium IPA bagi Guru SMP/MTs Kecamatan Windusari. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 67–74. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.278

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.