Program “Desa Anak Negeri” untuk Akselerasi Recovery Literasi pada Masa Pandemi

Authors

  • Dwi Sekar Sukma IKIP PGRI Bojonegoro
  • Elsa Puspita Dewi IKIP PGRI Bojonegoro
  • Yunita Khaerunika IKIP PGRI Bojonegoro
  • Afnita Agil Syahdela IKIP PGRI Bojonegoro
  • Desti Fitri Astuti IKIP PGRI Bojonegoro
  • Anggita Cahyani Rahmat IKIP PGRI Bojonegoro
  • M. Zainudin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ima Isnaini Taufiqur Rohmah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Taufiq Hidayat IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2166

Keywords:

Desa Anak Negeri, Literasi, Pandemi Covid-19

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19 Pemerintah Republik Indonesia mellaui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mencanangkan pembelajaran secara online (daring) untuk mengurangi dampak pandemic bagi para siswa disemua level. Progra ini memerlukan support secara teknologi. Selama pelaksanaannya, beberapa kendala dan permasalahan terjadi yang salah satunya adalah tidak tercapainya KI/KD dalam pembelajaran. Program Desa Anak Negeri bertjuan untuk menguatkan 6 literais dasar yang meliputi: bahasa, numerasi, sains, kewarganegaraan, budaya dan finansial. Program ini juga bertujuan untuk mengurangi ketergantungan anak –anak bermain game online melalui gawai. Sasaran program ini adalah anak – anak DEsa Sembung Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Program ini dilaksanakan melalui After School Program dan Weekend School Program berbantu modul. Hasil menunjukkanbahwa : 1) terdapat peningkatan yang siknifikan sekitar 60% penguasaan 6 literasi dasar anak – anak Desa Sembung melalui program ini; 2) Terdapat penurunan yang siknifikan sekitar 50% budaya ketergantuangan anak bermaik online game menggunakan gawai. Diharapkan terdapat keberlanjutan program ini dengan sasaran yang lebih luas di Bojonegoro.

References

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120-139

Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Sukma, D. S., Dewi, E. P., Khaerunika, Y., Syahdela, A. A., Astuti, D. F., Rahmat, A. C., … Hidayat, T. (2021). Program “Desa Anak Negeri” untuk Akselerasi Recovery Literasi pada Masa Pandemi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 69–78. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2166

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.