Pelatihan Pengecoran Limbah Aluminium Rumah Tangga untuk Meningkatkan Nilai Jual bagi Masyarakat di Kabupaten Madiun

Eko Budi Santoso, Eva Hertnacahyani Herraprastanti

Abstract


ABSTRACT

 

The purpose of this activity is to conduct training for the community, especially from around Madiun, to be able to do aluminum waste treatment by doing re-casting to be printed into a craft that is worth selling. Re-casting in this activity uses the simplest tool in the hope that it can be reached by the target community. This casting can be done by using a simple kitchen by using a fire furnace with combustion using LPG. The training activity was held for 2 (two) days, with the details of the first day in the form of material about metals and casting while the second day was carried out by the practice. The results of this activity are in creasing knowledge about metals, especially aluminum and knowledge of simple casting practices.

Keywords: Waste, aluminum, casting, sand mold

ABSTRAK

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pelatihan kepada masyarakat khususnya dari sekitar Madiun agar dapat melakukan pengolahan limbah aluminium dengan melakukan pengecoran ulang untuk di cetak menjadi kerajinan yang layak jual. Pengecoran ulang dalam kegiatan ini menggunakan alat yang paling sederhana dengan harapan bisa dijangkau oleh masyarakat kalayak sasaran. Pengecoran ini dengan menggunakan dapur sederhana dengan menggunakan tungku api dengan pembakaran menggunakan LPG. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dengan rincian hari pertama berupa materi tentang logam dan pengecoran sedang hari kedua adalah dengan pelaksanaan praktek. Hasil dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan mengenai logam khususnya aluminium dan pengetahuan praktek pengecoran sederhana.

 

Kata Kunci: Limbah, aluminium, pengecoran, cetakan pasir


Keywords


Waste, aluminum, casting, sand mold

Full Text:

PDF

References


Abdul Jalil, Warga Kota Madiun Hasilkan 110 Ton Sampah per Hari. https://madiun.solopos.com/read/20190130/516/968631/warga-kota-madiun-hasilkan-110-ton-sampah-per-hari. Diakses tanggal 1 July 2019.

Detik Health, Jangan Menimbun Kaleng Bekas di dalam Tanah. https://health.detik.com/ulasan-khas/d-1539725/jangan-menimbun-kaleng-bekas-di-dalam-tanah. Diakses tanggal 3 Februari 2019

Freya, 2014 “Today is a particular time of fusion between industry and craft, between material and digitalâ€

Muhammad Fadilah Arofi, Limbah kaleng dan pemanfaatannya. http://mfarofi.blogspot.com/2015/10/limbah-kaleng-dan-pemanfaatan-limbah.html. Diakses 28 Januari 2019

Tri Wahyuni, Jenis Sampah dan Lama Proses Penghancurannya. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150314083106-255-39061/jenis-sampah-dan-lama-proses-penghancurannya. Diakses tanggal 27 Januari 2019.

Suyitno Suyitno, Urip Agus Salim, Muslim Mahardika Aplikasi Cetakan Permanen untuk Meningkatkan Produksi dan Kualitas Produk IKM Pengecoran Logam Kuningan di Ngawen, Sidokarto, Godean, Yogyakarta Indonesian Journal of Community Engagement Vol. 02, No. 01, September 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats