Pemanfaatan Keijibutsu sebagai Media Edukasi Karakter pada Siswa SD Maarif NU Mendiro Ungaran

Ai Sumirah Setiawati, Danny Buyung Yudha Prasetya, Budi Setiarjo

Abstract


ABSTRACT

Character education is a hotly discussed issue among educators and the public. According to the observations by conducting visits and observations to schools in Japan, there is one concrete, simple, cheap and easy-to- find media in teaching students in schools to have good character. The media is keijibutsu, namely works in the form of pictures or writings that are affixed to the classroom walls. One form of keijibutsu applied at SD Maarif NU Mendiro Ungaran is “thank you” and “my target” written on "Post-it" paper. In the activity of making a ‘thank you’ note and “my target”, at firts, the students seemed to have difficulty expressing their gratitude (looking for what kindness they had received from other people) and what their short-term and long-term targets were. However, after mentoring and discussing with students, they were finally able to remember even the smallest kindnesses they had ever received. Then, from the activity of making targets, it can be concluded that students are not familiar with activities that are planned and based on targets. They usually carry out activities, especially learning at school, tend to accept whatever is taught or ordered by the teacher. This is a follow-up plan that will be carried out in the next community service activity.

 

Keywords : Keijibutsu, Character education, Elementary school students, Arigatoo Post-it, My target

 

ABSTRAK

Pendidikan karakter menjadi isu yang hangat dibicarakan di antara kalangan pendidik dan masyarakat. Menurut pengamatan dengan melakukan kunjungan dan observasi ke sekolah-sekolah di Jepang, ada salah satu media konkret dan sederhana serta murah dan mudah mendapatkannya dalam mengajarkan siswa- siswa di sekolah agar memiliki karakter yang baik. Media tersebut adalah keijibutsu yaitu karya berupa gambar ataupun tulisan yang ditempel pada dinding kelas. Salah satu bentuk Keijibutsu diterapkan di SD Maarif NU Mendiro Ungaran yaitu ucapan ‘terima kasih’ dan ‘targetku’ yang ditulis pada kertas “Post-it”. Pada kegiatan membuat ucapan ‘terima kasih’ dan ‘targetku’ ini pada awalnya siswa terlihat kesulitan mengungkapkan baik rasa terima kasih (mencari kebaikan apa yang pernah ia terima dari orang lain) dan apa target mereka baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun setelah dilakukan pendampingan dan diskusi dengan siswa, akhirnya mereka bisa mengingat kebaikan-kebaikan yang terkecil sekalipun yg pernah mereka terima. Kemudian, dari kegiatan membuat target dapat disimpulkan bahwa siswa tidak terbiasa dengan kegiatan yang terencana dan berdasarkan target. Mereka biasanya melakukan kegiatan terutama belajar di sekolah cenderung menerima apa saja yang diajarkan atau diperintahkan guru. Hal ini menjadi rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan pada kegiatan pengabdian berikutnya.

 

Kata Kunci: Keijibutsu, Pendidikan Karakter, Siswa SD, Arigatoo Post-it, targetku


Keywords


Keijibutsu, Character education, Elementary school students, Arigatoo Post-it, My target

Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.303

Dewantoro, G., Raynald, S., Lowutan, Y. D., & Susilo, D. (2021). Pengembangan Kompetensi Siswa Melalui Ekstrakurikuler Elektronika di SD FX. Marsudirini 78 Salatiga. J-Dinamika, 6(1), 89–95.

Fauzi, I., Mardiana, D., Ramadhani, A. S., & Safutri, R. M. (2022). Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju di Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 43–52.

Herlina, S., Zetriuslita, Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. http://journal.uir.ac.id/index.php/ecej

Hidayat, A., Utami, I. S., Marasabessy, A. C., & Prastini, E. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Potensi Peserta Didik di SD swasta terpadu Bina Ilmu Parung. Abdi Laksana, 3(1), 195–203.

Inggriyani, F., Roni, H. A., Abdul, M., & Dahlan, T. (2018). Pelatihan Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik pada Guru Sekolah Dasar. Seminar Hasil PKM LPM Universitas Pasundan, 1287–1300.

Khairunnisa, R., Al Hadar, G., & Salim, N. A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Tayanagan Animasi pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Samarinda. Urnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 1(1), 12–19.

Mayasari, N., Junarti, Puspananda, D. R., & Amin, A. K. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Jam Sudut Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(1), 12–26.

Nafiah, M., & Kurnianti, E. M. (2018). Pelatihan Pengembangan Pendidikan Karakter

Melalui LKS Berbasis Open-Ended Problem Solving Matematika pada Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD), 1(1), 27–35.

Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2017). Pendampingan Strategi Fun Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Surya Abdimas, 1(2), Hal. 62-67. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-abdimas. Diunduh 20 Oktober 2021

Purwanti, Y., Wisaksono, A., & Aliviameita, A. (2020). Pengabdian Masyarakat Penerapan PHBS di Sekolah. Aksiologiya, 4(2), 161–166. http://103.114.35.30/index.php/Axiologiya/article/view/2721

Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 80–83.

Sembiring, K. L. B., & Soraya, T. R. (2021). Peningkatan Mutu Siswa SD Di Desa Singa Melalui Pelatihan Literasi (Baca Tulis). Varia Humanika, 2(2), 119–123. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/vh/article/view/51229%0Ahttps://jou rnal.unnes.ac.id/sju/index.php/vh/article/download/51229/20134

Setiawan, W., Imayah, & Widayat, E. (2020). Pelatihan Pembuatan Mading Dua Dimensi di SMPN 30 Surabaya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 67–74.

Setiawati, A. S., Oesman, A. M., Wardhana, C. K., & Suryawijaya, G. R. (2021). Pembuatan Komik Strip (4 Koma Man’ga) dengan Struktur Kishoutenketsu dan Tema Nilai Konservasi. Abdipamas, 5(2), 219–226.

Soebardji, R. N., & Isroyati. (2020). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Intelektual Dalam Mengajar Siswa Sekolah Dasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 346–353. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.376

Soemarie, Y. B., Erlianti, K., & Susanto, D. (2022). A Little Pharmacist ( APOCIL ): Introduction Of The Pharmacist Profession to Students at Sungai Miai 10 Elementary School Banjarmasin , South Kalimantan. Engagement, 06(01), 221–228.

Stanislaus Amsikan, Yohanis Ndapa, & Deda. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 25–30.

Wahjusaputri, S., Bunyamin, B., & Nastiti, T. I. (2019). Penguatan pendidikan karakter model social problem-solving bagi siswa sekolah dasar Strengthening character education model social problem-solving for elementary school students. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 119–130.

Wahyanti, C. M., & Sutopo, J. (2013). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Guru Bahasa Inggris. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 11(2), 105–110.

Wulandari, F., & Andhiarini, R. M. (2018). PKM Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal ABDINUS, 2(1), 40–50.

Yakob, M., Hidayat, M. T., Suciani, A., & Nucifera, P. (2020). Strategi Pencegahan Penularan Virus Covid-19 Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 209–214. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.29095




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats