PKM Pengenalan Augmented 3D Reality Menggunakan Unity pada Universitas Teknologi Mataram

Ahmad Chusyairi, Didik Setiyadi, Saludin Saludin, Rully Pramudita, Ismail Marzuki, Samhana Suryati Subari

Abstract


ABSTRACT

Mataram Technology University (UTM Mataram) manages the Faculty of Information and Communication Technology (FTIK) which houses 5 (five) study programs: Informatics Engineering, Computer Systems Engineering, Information Technology, Information Systems, and Software Engineering. The background in this PkM is the lack of understanding of 1st-semester students who take the course Introduction to Information Technology regarding Augmented 3D Reality (AR). The goal is to increase students' knowledge and skills about AR supported by Unity tools. The PkM method by providing training and demonstrations online in the form of Zoom media, Live YouTube, and Google Drive Links, 5  modules  contains module 1 about introduction to AR and Unity, module 2 about downloading Unity, module 3 about Unity installation, module 4 about basic tutorials and module 5 about project installation on android. The evaluation was given in the form of a PkM questionnaire which 144 participants were filled in. The result is an increase in the participants' understanding, knowledge, and skills about AR with the Unity tool in the FTIK UTM Mataram and on the Good and Very Good assessment of 82.92%.

 

Keywords: Augmented 3D Reality, Unity, UTM Mataram

 

ABSTRAK

Universitas Teknologi Mataram (UTM Mataram) mengelola Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) yang menaungi 5 (lima) prodi: Teknik Informatika, Rekayasa Sistem Komputer, Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak. Latar belakang dalam PkM ini adalah kurangnya pemahaman mahasiswa semester 1 yang mengambil matakuliah Pengantar Teknologi Informasi mengenai Augmented 3D Reality (AR). Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa mengenai AR yang didukung tool Unity. Metode PkM dengan memberikan pelatihan dan demonstrasi melalui daring yang berupa media Zoom, Live YouTube dan Link Google Drive modul yang 5 berisi: modul 1 tentang pengenalan AR dan Unity, modul 2 tentang download Unity, modul 3 tentang instalasi Unity, modul 4 tentang basic tutorial dan modul 5 tentang instalasi project pada android. Evalusi diberikan dalam bentuk angket PkM yang mana diisi 144 peserta. Hasilnya adalah meningkatnya pemahaman, pengetahuan dan keterampilan peserta tentang AR dengan tool Unity pada FTIK UTM Mataram dan pada penilaian Baik dan Baik Sekali sebesar 82,92%.

 

Kata Kunci: Augmented 3D Reality, Unity, UTM Mataram.

 


Keywords


Augmented 3D Reality; Unity; UTM Mataram

Full Text:

PDF

References


Areni, I. S., Indrabayu, Wardi, Niswar, M., & Prayogi, A. A. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. Tepat: Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 1(2), 105-110.

Chusyairi, A., Setiyadi, D., Saludin, & Rusmawan, U. (2020). PkM Pengenalan Online PHP dengan CI untuk ASN dan Non ASN Pemerintah Kota Bekasi. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 166-173.

Hasugian, P. M., Riandari. F., & Perwira Y. (2020). Peningkatan Kreativitas Siswa SMA Sekota Medan dengan Pengenalan Teknologi Augmented Reality 3D menggunakan Android. Tridarma: Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), 3(1), 1-8.

Mardiana, Muhammad, M. A., Mulyani, Y., & Sulistiono, W. E. (2019). Augmented Reality pada Aplikasi Cintabahari sebagai Media Promosi Pulau Pahawang. Sakai Sambayan: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 116-121.

Mufilihawati, S., Daryanto & Subekti, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Katup Pneumatik Berbasis Augmented Reality Dengan Sistem Android di SMK Bunda Kandung Jakarta. Journal of Electrical and Vocational Education and Technology, 4(1), 52-57.

Octaviano, A., & Sofiana, S. (2020). Pengenalan Augmented Reality Berbasis Android di SMK Fadilah. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 1-8.

Sinduningrum, E., Hilda, A. M., & Rosalina. (2019). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet pada Anak Usia Dini. Jurnal Solma, 8(1), 142-149.

Sugiharto, T., Suwarto, G. P., & Ardianto (2019). Pelatihan Penerapan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Bahasa Isyarat di SLB Negeri Luragung Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 38-47.

Yanti, C. P., Ginantra, N. I. W. S. R., & Andika, I. G. (2020). Pelatihan Pengenalan Augmented Reality Android di SMK Negeri 1 Denpasar. Widyabahkti: Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 49-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.1506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
demo slot pg slot gacor slot gacor