Penguatan Literasi Digital Guru Bahasa Inggris MGMP SMA Kabupaten Blora melalui Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Pembelajaran

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3751-5513
  • Thohiriyah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rini Susanti Wulandari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Fahrur Rozi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nadya Zulfa Chairunnisa Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anggih Restu Aryarta Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Fani Hindun Muawanah Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i2.5181

Abstract

ABSTRACT

Digital technology, dominated by artificial intelligence applications (AI Apps), has become an important element in the learning process in the world of education. The lack of access for teachers to professional development activities, such as in-house training, workshops, seminars/webinars, is a major factor behind the low level of digital literacy and competence among teachers. To bridge the digital competency gap experienced by teachers, this outreach activity was conducted using an active participation method. The results of the activity showed that it provided teachers with an understanding of AI concepts and their application in education. Additionally, teachers gained practical skills in using various AI-based learning applications for pedagogical purposes.

Keywords: Teachers, artificial intelligence, technology

 

ABSTRAK

Teknologi digital yang didominasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence Applications - AI Apps) di dunia pendidikan menjadi elemen penting dalam proses pembelajaran. Kurangnya akses guru terhadap kegiatan pengembangan profesionalisme diri seperti in-house training, lokakarya, seminar/webinar menjadi faktor utama yang melatarbelakangi rendahnya literasi dan kompetensi digital guru. Untuk menjembatani kesenjangan kompetensi digital yang dialami para guru kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode partisipasi aktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan pemahaman bagi para guru tentang konsep AI dan penerapannya dalam Pendidikan. Selain itu, para guru mendapatkan keterampilan praktis dalam menggunakan berbagai macam aplikasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan untuk kepentingan pedagogis.

Kata kunci: Guru, kecerdasan buatan, teknologi

References

Abimanto, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.

Agustina, R., Thahar, H.E., & Afroka, M. (2024). Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Bahasa di Madrasah: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1). DOI: 10.25299/al-thariqah. 2024.vol9(1).16741

Apriliani, D. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 15-21. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262

Asril, L.Z., Masfufah, Zuriati, D., Fathira, V. (2024). Pengenalan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar bahasa Inggris. Sociali: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 116-125. DOI: https://doi.org/10.31849/sociali.v2i2.21575

Dewi, P.S., Sari, G.A.A.F.D.I., Maharani, A.A.P., Murtini, N.M.W. (2024). Smart Society 5.0: The Challenges Faced by the English Teachers in Employing Digital Literacy within English Language Teaching. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 14(1), 14-23. DOI:10.36733/jsp.v14i1.8736

Hidayatullah, R. (2024). Implementasi AI dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Bahasa Inggris. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 2(1), 13-18.

Ilham, M.R., Saepudin, Herdah, Darmawati, Ramli, K. (2024). Penggunaan Media Teknologi Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Di PPM Rahmatul Asri. Journal on Education, 7(1), 3922-3933.

Kurniawan, H., Sasama W.U.A, & Tambunan , R. W. (2024). Potensi AI dalam Meningkatkan Kreativitas dan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 5(1), 8 - 15. https://doi.org/10.46510/jami.v5i1.285

Lestari, I.K., Putri, N.Z., Rizki, S., Dalimunte, S.F. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Efektivitas Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 1(4).

Mambu, J.G.Z., Pitra, D.H., Ilmi, A.R.M., Nugroho, W., Leuwol, N.V., Saputra, A.M.A. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital, Journal on Education, 6(1), September-Desember 2023, 2689- 2698.

Saptiany, S.G., Mujiyanto, J., Hartono, R., Katharina, R. (2022).Tantangan Guru dalam Menerapkan Bahasa Inggris Standar di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 981-987.

Sujana, I.M., Saputra, A., Melani, B.Z., Munandar, L.O.A.H., Riyanto, A.A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Inovatif Bahasa Inggris SMP dengan Menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Game-Based Instructions (GBI). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3). DOI : https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5096

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Wahyuni, S., Thohiriyah, Wulandari, R. S., Rozi, F., Chairunnisa, N. Z., Aryarta, A. R., & Muawanah, F. H. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru Bahasa Inggris MGMP SMA Kabupaten Blora melalui Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Pembelajaran. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(2), 9–15. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i2.5181

Citation Check