Pendampingan Penyusunan Lkpd Berbasis Case Method Bagi Guru Ekonomi SMA Muara Enim
Abstract
Pelaksanaan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis case method pada pembelajaran ekonomi dirasa belum optimal, terutama karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan ketua MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Muara Enim, didapat informasi bahwa pendidik ekonomi di SMA Kabupaten Muara Enim jarang membuat sendiri LKPD dalam proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru ekonomi SMA di Kabupaten Muara Enim dalam menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis case method. LKPD berbasis case method dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa melalui analisis kasus nyata. Kegiatan ini menggunakan model pendampingan teknis yang dilaksanakan melalui tiga tahapan. Tahapan yang dilakukan pada PKM ini ialah tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan guru dengan skor 0,78 (kategori tinggi), serta produk LKPD berbasis case method yang terkategori baik dengan tingkat capaian sebesar 78,2%. Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan dan keterampilan guru terkait penyusunan LKPD berbasis case method meningkat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Alkhairi, F., & Siregar, T.M. (2024). Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan Berbantuan Case Method untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA di Kelas X. Jurnal On Education, 6(2). https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5036
Amrina, D. E., Akbar, M., Ruth, B., & Simarmata, H. (2023). Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Case Method Untuk Menumbuhkembangkan HOTS. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 7(2), 594–604. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.21134
Arsih, F. (2024). Penguatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru MGMP Biologi dalam Mengembangkan Pembelajaran Inovatif untuk Mendukung Pemberdayaan Keterampilan Abad-21 Siswa. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15(1), 6-12. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14056
Dewi, U. M. (2024). Training on the Preparation of Case Method and PJBL-Based Learning Tools as Strengthening 21st Century Skills. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (JPMB), 3(9), 507-514. https://doi.org/10.55927/jpmb.v3i9.10684
Jusniar., Et al. (2024). Century 21 Skill Guru-Guru Smk Yppp Wonomulyo Dengan Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Method Dan PBL. Abdikimia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). 1–9. https://doi.org/10.26858/abdi.v1i2.2430
Khusnia, A., & Susantini, E. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 7(2), 105–112.
Nawati. A., Et al. (2024). Analisa Kebutuhan Media Pembelajaran Ipas Berbasis Pbl Terintegrasi Nilai Tri-Nga Untuk Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). 2548-6950. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16728
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Sulistiowati, A.P., & Susilowibowo, J. (2024). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Praktikum Akuntansi Dagang Berbasis Higher Order Thinking Skills(HOTS). Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 40-52. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.25210
Syam, A.N., Et al. (2024). Pelatihan Pembuatan & Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Bagi Guru. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 8(1), 43-56. https://dx.doi.org/10.30813/jpk.v8i1.5310
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v9i1.4879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats