Pendampingan Pembuatan LKPD menggunakan platform Liveworksheets untuk Meningkatkan Kompetensi Pengajar Pembelajaran Daring

Authors

  • Hermanto Hermanto Universitas Bakti Indonesia, Indonesia
  • Meliyana Aini Universitas Bakti Indonesia, Indonesia
  • Mita Akbar Sukmarini Universitas Bakti Indonesia, Indonesia
  • Harliana Harliana Universitas Bakti Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.3257

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik, Liveworksheet, LKPD interaktif, Kompetensi Pengajar

Abstract

ABSTRACT

The role of elementary school teachers is required to be more creative and innovative so that learning can run well. Therefore, in improving the competence of elementary school teachers, an alternative to making interactive LKPD (Learner Worksheets) is needed to support the online learning process. The community service at SDN 3 Buluagung aims to assist in making LKPD online with liveworksheet to improve the competence of elementary school teachers to be more creative in using online media. Liveworksheet is an online learning platform that allows teachers to use e-worksheets or worksheets that can be done online and send answers to the teacher. On this platform, teachers can create interactive exercises such as multiple choice, short form, term order, and others. The results of observations made by the research are interviews, questionnaires, questionnaires and writing directly on paper. Materials for the implementation of the service in the form of laptops, computers and cellphones while the research material is the introduction of the liveworksheet platform as an alternative to making interactive LKPD.

 

ABSTRAK

Peran pengajar Sekolah Dasar dituntut untuk lebih kreatif dan berinovasi agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu dalam meningkatkan kompetensi pengajar Sekolah Dasar maka diperlukan alternatif pembuatan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang interaktif untuk menunjang proses pembelajaran secara daring. Pada pengabdian masyarakat di SDN 3 Buluagung bertujuan untuk mendampingi Pembuatan LKPD secara online dengan liveworksheet untuk meningkatkan kompetensi pengajar Sekolah dasar untuk lebih kreatif dalam penggunaan media daring. Liveworksheet merupakan sebuah platform pembelajaran daring yang memungkinkan guru mnggunakan e-worksheet atau lembar kerja yang dapat dikerjakan secara online dan mengirimkan jawaban pada guru. Pada platform ini, pengajar dapat membuat latihan interaktif seperti pilihan ganda, isian singkat, urutan istilah, serta lain-lain. Hasil observasi yang di lakukan penelitian yaitu dengan wawancara, angket, kuesioner dan penulisan secara langsung di kertas. Bahan untuk pelaksanaan pengabdian berupa laptop, komputer dan handphone sedangkan materi penelitian adalah pengenalan platform liveworksheet sebagai alternatif pembuatan LKPD interaktif.

References

Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Jurnal UPI, 1(2), 126–133. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Using Liveworksheet with Web-Based Applications to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendiidkan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Samuji. (2021). Mengenal Persyaratan Pendidik Bagi Guru dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. 11(April 2021), 45–63.

Sanjani. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Sari. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru untuk Menjadi Guru yang Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. 1–23.

Siswoyo, D. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suardipa, I. P. (2020). Urgensi Kompetensi Pedagogi Guru sebagai influencer Pendidikan. Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 77.

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21473/10157

Wahyudi. (2022). Standar Kompetensi Profesional Guru. Japanese Society of Biofeedback Research, 19, 709–715. https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Hermanto, H., Aini, M., Sukmarini, M. A., & Harliana, H. (2023). Pendampingan Pembuatan LKPD menggunakan platform Liveworksheets untuk Meningkatkan Kompetensi Pengajar Pembelajaran Daring. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 163–174. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.3257

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.