Pelatihan Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada Caffe Boat Nangg To'i di Desa Lasi Kilo Dompu NTB

Authors

  • Rosa Yuliati Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Eka Farida Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.3212

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing, Penjualan

Abstract

This service activity aims to provide training to Caffe Boat Nanga To'i owners regarding digital marketing through the Instagram social media platform.The marketing system implemented by business owners is still lacking because it only uses face to face information. So it is hoped that this digital marketing development training can help increase sales of Caffe Boat Nanga To'i and contribute to increasing tourists at Nanga To'i Beach in Lasi Village. The method of implementing this service begins with the observation and interview stages, then assisting in creating Instagram accounts and taking photo spots, then providing Caffe Boat Nanga To'i marketing digitization training on Instagram accounts. The results of this service show that business owners understand the digital marketing system through Instagram social media and know what consumers need so that the business being run is able to compete with other competitors.


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pemilik Caffe Boat Nanga To’i mengenai digital marketing melalui platform media sosial Instagram. Sistem pemasaran yang diterapkan oleh pemilik usaha masih tergolong kurang karena hanya menggunakan informasi face to face. Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan pengembangan digital marketing ini dapat membantu meningkatkan penjualan Caffe Boat Nanga To’i serta ikut berkontribusi dalam meningkatkan wisatawan di Pantai Nanga To’i desa Lasi. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini diawali dengan tahap observasi dan wawancara, selanjutnya pendampingan pembuatan akun instagram dan pengambilan gambar spot-spot foto, kemudian memberikan pelatihan digitalisasi marketing Caffe Boat Nanga To’i di akun instagram. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemilik usaha telah memahami sistem pemasaran digital melalui media sosial Instagram serta mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen agar bisnis yang sedang dijalankan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

References

Arif, Alfis. (2022). Workshop Digital Pariwisata Desa Bantuan Kabupaten Lahat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate (Informatics Engineering Dedication). Vol. 1 No. 2 Tahun 2022. E-ISSN: 2809-2546.

Farida, Eka., & Ramadhan, T.S. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Digitalisasi Pin UMKM Di Google Maps Desa Andonosari. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat. Vol. 2 (2021) hal. 296-301. eISSN. 2808-8182. Penerbit: Universitas Islam Malang.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14 Jakarta: Erlangga.

Supardi. (2022). Pelatihan Pembuatan Handycrafts Untuk Mengembangkan Potensi Industri Kreatif Masyarakat di Dekranasda Jakarta Barat. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 6. No. 2 (2022). ISSN: 2581-1320 (Print) ISSN:2581-2572 (Online). Homepage: http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Yoeti, Oka A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Penerbit: Angkasa.

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Yuliati, R., & Farida, E. (2023). Pelatihan Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada Caffe Boat Nangg To’i di Desa Lasi Kilo Dompu NTB. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 71–76. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.3212

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.