Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Limbasari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga

Zulia Karini, Hendra Marcos, Yusida Munsa Idah

Abstract


ABSTRACT

Tourism Awareness Group (POKDARWIS) Limbasari is group that manages various tour packages in Limbasari village, Bobotsari District, Purbalingga Regency. The tour activity packages that offered by Limbasari village are, River Tubing and Outbound, and homestay packages. Some local and foreign tourists come and stay and do rural tourism activities for one to two days before the main activities. The main problem of this group is communication problem with the foreign tourist. The other problem is, there is brochures of Homestay managers and tour packages for tourist causing the number of visitors decease from year to year. This is also due to the absence of a website that is developing optimally and up to date. The solution provided is by giving English language training, brochure-making training, training in creating and managing websites to partners. The method of carrying out activities includes discussions with partners, English language training and training in creating websites and brochures.

 

Keywords: POKDARWIS, tourist village, Limbasari

 

ABSTRAK

Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Limbasari adalah kelompok yang mengelola berbagai paket wisata di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Jenis kegiatan yang ditawarkan di Desa Limbasari adalah River Tubing dan Outbound, dan paket homestay. Beberapa wisatawan lokal dan asing datang dan tinggal dan melakukan kegiatan wisata pedesaan selama satu hingga dua hari sebelum kegiatan utama. Hambatan utama yang dihadapi kelompok ini adalah masalah komunikasi dengan wisatawan assing. Hambatan lain yaitu belum adanya brosur yang lengkap untuk pengelola wisata dan paket homestay bagi wisatawan menyebabkan jumlah pengunjung menurun dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan tidak adanya situs web yang berkembang secara optimal dan up to date. Solusi yang disediakan adalah dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris, pelatihan pembuatan brosur, pelatihan dalam membuat dan mengelola situs web untuk mitra. Metode pelaksanaan kegiatan termasuk diskusi dengan mitra, pelatihan bahasa Inggris dan pelatihan dalam membuat situs web dan brosur.

 

Kata Kunci: POKDARWIS, desa wisata, Limbasari


Keywords


POKDARWIS, desa wisata, Limbasari

Full Text:

PDF

References


Budasi, I Gede. (2012). IbM Kelompok Sadar Wisata. Laporan Akhir. Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Diakses di https://anzdoc.com/laporan-akhir-program-ipteks-bagi-masyarakat-ibm-kelompok-sa.html

Inskeep E. (2010). Tourism Planning An Integrated and Sustainable Development Approach. Oxford: OUP

Putra, R. S. (2017). Aplikasi M-Commerce Paket Wisata POKDARWIS PATRAWISA Di Desa Limbasari Berbasis Android. Skripsi. STMIK AMIKOM Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats