OPTIMASI PENGGUNAAN SMARTPHONE BAGI MASYARAKAT PERUMAHAN GRIYA PRATAMA

Andi Supriadi Chan, Nurul Azwanti

Abstract


ABSTRACT

The development of smartphones and the internet if not accompanied by sufficient knowledge can lead to difficulties in utilizing the technology, with the existence of smartphone smartphone optimization training for residential griya pratama community can help in the use of smartphones and the internet, so as to bring a new knowledge for the community itself in utilizing the development of technology, especially the use of smartphones and internet.banyaknya smartphone users from the early age to adulthood can not be separated from using smartphones for everyday needs.karena lack of knowledge and education about the use of smartphones, but the smartphone was created to have a much more sophisticated function than the functionality of mobile phones in general, so with the guidance in the optimization of the use of smartphones for residential community griya pratama to help the community on the housing for optimal use of smartphones owned for everyday needs, such as to assist in making schoolwork, looking for references and more. And for the purposes of housewives can also develop talent or to entrepreneurship, can to sell online by using smartphones and others, so many things that can be done by the community in utilizing smartphones in everyday life.

Keywords: Smartphone, internet, optimization, Community, technology

ABSTRAK

Perkembangan smartphone dan internet ini bila tidak diiringi dengan pengetahuan yang cukup dapat mengakibatkan kesulitan dalam memanfaatkan teknologi tersebut,dengan adanya pelatihan optimasi penggunan smartphone bagi masyarakat perumahan griya pratama ini dapat membantu dalam penggunaan smartphone dan internet,sehingga dapat memunculkan suatu pengetahuan baru bagi masyarakat itu sendiri dalam memanfaatkan perkembangan teknologi,khususnya penggunaan smartphone dan internet.banyaknya pengguna smartphone baik dari usia dini sampai dengan usia dewasa tidak lepas dari menggunakan smartphone untuk kebutuhan sehari-hari.karena kurangnya pengetahuan dan pendidikan tentang penggunaan smartphone,padahal smartphone diciptakan memiliki fungsi jauh lebih canggih daripada fungsi handphone pada umumnya,sehingga dengan adanya pembinaan dalam optimasi penggunaan smartphone bagi masyarakat perumahan griya pratama membantu masyarakat pada perumahan tersebut agar optimal dalam penggunaan smartphone yang dimiliki untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk membantu dalam membuat tugas sekolah, mencari referensi dan lainnya. Dan untuk keperluan ibu rumah tangga juga bisa mengembangkan bakat ataupun untuk berwirausaha, bisa untuk berjualan online dengan menggunakan smartphone dan lain-lainya, sehingga banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam memanfaatkan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Smartphone, internet, Optimasi, masyarakat, teknologi


Keywords


Smartphone, internet, Optimasi, masyarakat, teknologi

Full Text:

PDF

References


Dewanti, T. C., & Widada, T. (2016). HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PENGGUNAAN GADGET SMARTPHONE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 MALANG. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 126–131.

Sharen Gifary dan Iis Kurnia N. (2014). Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia, 1–5. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160222155236-213-112610/pengguna-internet-indonesia-tumbuh-berkat-smartphone/

http://www.isigood.com/wawasan/tips-menjadi-pengguna-smartphone-yang-bijak/




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.150

Refbacks



Copyright (c) 2018 J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats